Minggu, 27 Maret 2011

penggunaan teknologi dalam pembelajaran

Kita berdua mendapat tugas nih dari Ibu Vilia untuk mewawancarai salah satu guru di SMAN 12 Jakarta. Kita memilih Pak Mul (guru geografi) untuk diwawancarai dengan tema yang kita ambil yaitu Penggunaan Teknologi dalam Proses Pembelajaran, karena Pak Mul ini bisa dibilang Hi-Tech lah hehe.

Oke sekarang kita ingin memperkenalkan Pak Mul dulu yaa. Kata orang dulu sih tak kenal maka tak sayang. Nama lengkap beliau yaitu Mulyanto. Beliau lahir di Indramayu, tepatnya sih di Kertasemaya pada tanggal 6 Juli 1970. Saat ini beliau tinggal di Jalan Kedasih I No. 20, Cikarang Baru tentunya bersama keluarga tercintanya ya hehe. Sebelum menjadi guru, beliau tentunya pernah menjadi salah satu siswa di SDN Tulungagung 1, SMP Negeri Kertasemaya dan SMA Negeri Losarang. Dan beliau menjadi salah satu Mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi di IKIP Jakarta, dan sekarang ini sudah mendapatkan gelar S1. Kalau untuk S2 nya sekarang ini beliau masih dalam proses. Pengalaman kerja yang beliau dapatkan yaitu pernah mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada tahun 1995 dan setelah itu menjadi Guru Geografi sampai saat ini di SMAN 12 Jakarta.

Yaaa…. Sekarang kita langsung bahas hasil wawancaranya aja yaa kan udah kenal sama guru yang kita wawancarai. Inilah hasil wawancara kita :

Mengapa bapak tertarik untuk menjadi guru?
Jawab: Pertama-tama awalnya saya tidak tertarik untuk menjadi guru karena saya berfikir untuk berkuliah dulu saja. Setelah saya mulai mengikuti PPL pada tahun 1995 itu saya mulai tertarik karena saat praktek tersebut muncullah rasa tanggung jawab dan muncul rasa suka untuk mengajar. Karena mengajar itu tidak mudah, mulai dari harus menguasai kelas, mengelola materi dan menyampaikan materi tersebut kepada siswa disekolah. Sejak itulah saya mulai suka dalam mengajar dan akhirnya menjadi guru sampai saat ini. Bahkan kuliah saya pun terbengkalai.


Bagaimana metode pembelajaran bapak disekolah agar tidak membuat siswa siswi jenuh?
Jawab: Untuk saat ini saya hanya menggunakan metode tanya jawab, diskusi, presentasi materi karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk menggunakan metode lain yang memerlukan biaya yang lebih banyak.

Mengapa bapak berfikir metode yang bapak gunakan saat ini efektif untuk para siswa siswi disekolah?
Jawab: Karena sejauh ini, siswa disekolah masih banyak yang tidak mau susah dan hanya ingin terima bersih. Maksudnya siswa sekarang ini tidak ingin membaca sendiri mereka ingin semua materi disampaikan secara langsung oleh gurunya, walaupun sebenarnya itu tidak baik dan hanya membuat siswa tersebut malas.

Sampai saat ini teknologi apa saja yang bapak gunakan?
Jawab: Paling saya hanya menggunakan multimedia dengan beberapa penunjangnya diantaranya proyektor, laptop dan alat penunjang lainnya.

Menurut bapak, bagaimana metode yang bapak gunakan membantu bapak dalam mengajar?
Jawab: Teknologi ini sangat membantu karena ada beberapa materi yang memang lebih mudah disampaikan melalui audio visual daripada secara lisan. Sebagai contoh materi geografi lempengan tektonik yang abstrak bila disampaikan secara verbal, maka saya sampaikan dengan pemutaran film atau animasi.

Mengapa bapak merasa perlu berinvestasi untuk proses pengajaran?
Jawab: Menurut saya itu adalah suatu kebutuhan. Saya tidak pernah berfikir kalau harga itu mahal dan sebagainya, selama alat itu dapat mempermudah saya dalam proses pengajaran. Dan lagi pula peralatan seperti laptop itu kan tidak hanya saya gunakan saat pengajaran, saya dapat menggunakan itu untuk keperluan saya sendiri. Saya juga termasuk orang yang tidak mau repot.

Bagaimana guru-guru lain menggunakan metode seperti bapak?
Jawab: Pada awalnya masih banyak guru yang hanya menggunakan fasilitas yang disediakan disekolah, namun pada akhirnya karena mereka juga mempunyai kebutuhan yang sama dengan saya, mereka pun membeli dan menggunakan fasilitas mereka sendiri.

Menurut bapak, sekolah seharusnya menyediakan fasilitas tersebut atau tidak?
Jawab: Seharusnya iya, selama sekolah tersebut mampu untuk menyediakan fasilitas tersebut namun karena sekolah juga memiliki keterbatasan maka memang gurulah yang harus inisiatif sendiri menyediakannya karena memang saat ini kebutuhan teknologi sangat dibutuhkan untuk menyampaikan beberapa materi yang sulit disampaikan secara lisan seperti materi geoografi ini.

Oke… sudah selesai deh tugas kita. Bisa disimpulkan ya kalau untuk saat ini teknologi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan guru pun sangat membutuhkannya padahal kalau zaman dulu sih belum ada yang namanya OHP, laptop, dan proyektor. Tapi kalau untuk sekarang ini alat/fasilitas tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar siswa-siswi tidak jenuh dengan cara pengajaran guru yang hanya menerangkan di papan tulis atau secara lisan.

Untuk sekarang postingan dari kita sampai sini dulu yaa, nanti kalau ada materi baru kita sampaikan lagi di blog kita. Jangan bosan untuk ngebuka blog kita ini ya dijamin ga akan nyesel deh hehe bye

1 komentar:

  1. Bagus blognya...
    Tinggal rajin update aja... Lama klamaan tar tulisanya bisa "juicy", enak dibaca.
    Kalo peka, bisa tulis apa aja yg dilihat & dirasa, yg penting bermakna bagi diri & orang lain.
    Knapa nama blognya ga pake nama diri aja?
    Angle fotonya juga pas.
    Sukses ya.

    BalasHapus