Sabtu, 12 Maret 2011

Cacing Tanah dan Garam

CACING TANAH dikelompokkan dalam filum hewan Annellida, yang berasal dari kata Latin, anellus berarti cincin "kecil". Seperti yang tersirat dari namanya, tubuh dari cacing tanah tampaknya terdiri dari beberapa cincin yang dikenal sebagai tubuh tersegmentasi.



MORFOLOGI


Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih. Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain.
Cacing tanah jenis Pheretima segmennya mencapai 95-150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Tubuhnya berbentuk gilik panjang dan silindris berwarna merah keunguan.[rujukan?] Cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, cacing koot dan cacing kalung.


ALASAN CACING TANAH TAKUT GARAM
Kulit dari cacing tanah mengeluarkan lendir. Lendir ini menjaga kulit selalu lembab, yang sangat penting bagi kelangsungan hidup cacing tanah. Cacing tanah tidak memiliki organ pernapasan dan karenanya respirasi berlangsung melalui kulit lembab.

Oksigen dari lingkungan berdifusi secara pasif di kulit lembab dan dilakukan oleh sistem peredaran darah ke sel. Demikian pula Karbon Dioksida dari sel juga akan dilakukan oleh sistem peredaran darah dan berdifusi keluar melalui kulit lembab. Jadi cacing tanah akan mati jika kulit mereka mengering.

Tanah yang asin di mana cacing tanah hidup merupakan faktor penting yang memutuskan kelangsungan hidup karena cacing sangat peka terhadap konsentrasi garam. Salinitas dapat mengurangi pertumbuhan mereka pada konsentrasi garam rendah atau menyebabkan kematian pada konsentrasi garam tinggi.

Mereka tidak dapat mentoleransi kekuatan ion yang tinggi, karena konsentrasi garam yang tinggi merusak kulit sensitif mereka, cacing tanah tidak dapat memiliki kontrol atas regulasi osmotik. Selain itu, sel-sel neurosecretory dalam cacing tanah memainkan peran penting dalam keseimbangan air serta regulasi ionik dan osmotik.

Garam dan pengeringan secara signifikan mengganggu fungsi sel-sel neurosecretory ini. Oleh karena itu garam seperti natrium klorida sangat beracun bagi sebagian besar spesies cacing tanah

Natrium klorida dapat menyebabkan kematian pada konsentrasi 0,5 persen, dimana garam lainnya seperti kalium klorida beracun pada konsentrasi lebih dari 1 persen. Namun, garam pada konsentrasi yang lebih rendah tidak dapat menyebabkan kematian pada cacing tanah, meskipun mereka secara substansial akan mengurangi reproduksi, khususnya produksi cocoons

CARA CACING TANAH BEREPRODUKSI
Pertama-tama, tidak setiap segmen cacing tanah mempunyai organ seks. Dihitung dari depan, sel-sel jantan cacing terletak pada segmen 10 dan 11. Dari sini sperma melewati saluran sperma untuk dua bukaan kelamin laki-laki pada bagian bawah segmen 15. Pada segmen 9 dan 10 ada dua kantung sangat kecil yang disebut wadah sperma, atau pori-pori, di mana, saat berhubungan seks, sperma disimpan. Namun, hal ini bukan di mana telur yang dihasilkan. Ovarium memproduksi telur berada di segmen 13, dari mana telur dilepaskan melalui (betina) pori-pori ke dalam kantung telur di segmen 14. Akhirnya, ada karet, seperti arm band yang menutupi bagian tubuh cacing dari segmen 31 atau 32-37, dan ini disebut clitellum tersebut.

Sekarang, ketika dua pasangan cacing tanah berhubungan, mereka berbaris di samping satu sama lain dengan "kepala" mereka menunjuk ke arah yang berlawanan. Yang clitellum satu segmen cacing terletak berlawanan 9-11 yang lain, yang Anda akan ingat, berisi bagian-bagian laki-laki. Cacing sekarang mengeluarkan lendir jumlah besar, sampai tubuh ditutupi dalam tabung lendir membentang dari segmen 9 sampai akhir belakang clitellum pada segmen 37. Sekarang ejakulasi sperma dari segmen 15 dan dibawa ke belakang dalam tabung yang dibentuk oleh alur dalam tubuh menyentuh tabung lendir dan sperma lolos ke wadah sperma segmen 9 dan 10 dari cacing lainnya.

Kemudian cacing tanah menempuh jalan yang berbeda. Seks dilakukan. Namun, itu tidak berarti bahwa telur telah dibuahi, karena mereka belum. Hanya saja sekarang, masing-masing dalam wadah sperma cacing, ada sperma dari cacing lain.

Langkah berikutnya dalam memproduksi cacing tanah bayi. clitellum mengeluarkan sebuah cincin lendir kedua dari slide ke depan atas tubuh cacing. Ketika cincin melewati bukaan di segmen 14, beberapa telur masak meninggalkan tubuh dan menempel pada cincin. Cincin terus bergerak maju sampai melewati wadah sperma di segmen 9 dan 10, dan di sini sperma datang ke dalam kontak dengan telur. Akhirnya, di dalam cincin lendir, telur yang dibuahi.

Sekarang cincin yang berisi telur dibuahi slip off "kepala," cacing segel di kedua ujungnya, dan menjadi semacam cocoons, yang ditinggalkan di dalam tanah. Akhirnya menetas telur dan cacing kecil melarikan diri dari cincin lendir, ke dalam tanah.

SAAT KEADAAN MENJADI EXTREME
Ketika tanah menjadi sangat dingin, sangat panas, sangat basah atau sangat kering, keadaan ini sulit bagi cacing tanah. Strategi Survival bervariasi dari masing-masing spesies. Sebuah perilaku yang khas adalah menggali terowongan lebih dalam ke tanah, di mana kondisi tidak begitu ekstrim. Beberapa spesies, khususnya selama panas, musim kemarau, melakukan apa yang ditampilkan di sebelah gambar atas. Pada kedalaman wajar mereka menggulung diri menjadi bola dan mengeluarkan lendir di sekeliling mereka, menciptakan semacam cocoons. Dalam keadaan fungsi tubuh mereka lambat turun drastis. Mereka menjadi semacam mati suri, hanya menunggu untuk memperbaiki kondisi tanah. Ketika binatang masuk ke dalam keadaan seperti itu untuk dapat bertahan panas musim panas, kondisi kering, dikatakan bahwa mereka estivate. ada yang menemukan cacing tanah yang ditunjukkan di atas di tanah yang sangat kering. Cacing ini di dalam gumpalan, tanah sangat kering. Sementara foto itu diambil itu mulai bergerak, sehingga cacing ini sangat hidup, hanya "beristirahat" sampai hujan.

CARA CACING BERJALAN
Rahasia untuk perjalanan cacing tanah terletak pada dua hal yang tidak bisa melihat hanya dengan melihat.

Meskipun cacing tanah tidak memiliki tulang, sistem yang kompleks otot mereka memungkinkan mereka untuk tidak hanya menggoyang-goyangkan tubuhnya seperti orang gila tetapi juga sangat cepat bergantian antara menjadi pendek dan tebal, dan panjang dan ramping

Cacing tanah memiliki bulu kecil yang tak terlihat, disebut "setae" (diucapkan see-tee; seta bentuk tunggal, diucapkan SEE-tah), yang biasanya ada di dalam tubuh mereka. Ketika cacing ingin tinggal di liang mereka, mereka menusukkan setae mereka ke tanah sekitarnya, sehingga menjadi penahan diri di tempat. Hal ini sangat berguna jika burung menangkap kepala cacing dan mencoba menarik cacing dari liang.

Berikut adalah cara kedua fitur ini memungkinkan cacing tanah untuk berjalan:

Saat cacing dalam liang ingin bergerak maju. Pertama, dengan menggunakan otot yang kompleks, membuat diri sendiri panjang. Kemudian jangkar bagian depan tubuhnya dengan tetap berpegang setae depannya ke dalam tanah. Sekarang menarik bagian belakangnya ke depan, membuat diri sendiri pendek dan tebal. Setelah akhir belakang pada tempatnya, setae depan yang ditarik dari tanah, tapi setae di ujung belakang terjebak keluar, penahan bagian belakang. Sekarang ujung depan bebas untuk menembak maju dalam liang membuat diri sendiri panjang dan ramping. Kemudian seluruh proses diulang.


sumber1  sumber2  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar